Selamat Datang di Blog teriakan angin karena tidak ada teriakan yang paling kencang kecuali teriakan angin dan selamat menikmati hidangan-hidangan yang telah disajikan.

Minggu, 16 Januari 2011

Si Buta dari Gua Plato


Category: Books
Genre: Humaniora

Judul Buku: Si Buta Dari Gua Plato
Pengarang: Rif'an Anwar
Penerbit: Kanisius
Cetakan ke-/Tahun: Pertama/2011
Tebal: 158 halaman

Buku ini berisi anekdot-anekdot filsafat. Mulai dari kisah-kisah hidup filsuf, pemikiran-pemikirannya, dan kejadian sehari-hari yang berhubungan dengan makhluk bernama filsafat. Tapi tidak perlu cemas akan isi buku ini. Pemikiran-pemikiran filsafat yang serius dan bikin dahi berkerut tidak akan kita temui di sini.

Filsafat dalam buku ini benar-benar aneh. Pernahkah membayangkan para filsuf berkumpul dan mencari tahu siapa filsuf yang paling bijak? Dengan filsafat seperti apa Heidegger menyatakan cinta kepada Hannah Arendt? Atau bagaimana jika Karl Marx pergi ke Madura? Semua itu ada dalam Si Buta dari Gua Plato dan 99 anekdot filsafat lainnya ini.

Dengan demikian, filsafat bisa dinikmati dengan menyenangkan oleh siapa saja. Filsafat tidak harus selalu membuat orang cemberut. Filsafat juga bisa membuat kita tertawa, ternyata. Dan tertawa, barangkali, adalah memang hak segala bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar