Selamat Datang di Blog teriakan angin karena tidak ada teriakan yang paling kencang kecuali teriakan angin dan selamat menikmati hidangan-hidangan yang telah disajikan.

Minggu, 10 Juli 2011

Info Lomba



  • LOMBA PENULISAN ESAI DAN CERPEN BAGI REMAJA DIY TAHUN 2011

    1. Latar belakang
    Menulis merupakan salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran ilmiah yang berada pada tingkatan paling tinggi setelah mendengar, berbicara, dan membaca. Di dalam aktivitas menulis seseorang berusaha menata gagasan sesuai dengan topik tertentu melalui berbagai lambang kebahasaan, termasuk kaidah yang harus digunakan.
    Untuk itu, Balai Bahasa Yogyakarta memberi kesempatan kepada para remaja DIY untuk menunjukkan bakat dan talenta menulis esai dan cerita pendek (cerpen). Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi, rasa cinta, dan bangga kepada negeri ini. Karya tulis kebahasaan dan kesastraan merupakan aktualisasi nilai yang mampu menjadi salah satu jati diri. Perlulah kiranya digali dan dikembangkan oleh para generasi muda.

    2. Tujuan
    Lomba penulisan cerpen dan esai bertujuan (1) membangkitkan minat remaja terhadap kegiatan berbahasa dan bersastra, khususnya menulis esai dan cerpen; 2) meningkatkan daya cipta dan kreativitas para remaja dalam penulisan esai dan cerpen; (3) menumbuhkan sikap positif dan rasa cinta terhadap hasil karya kebahasaan dan kesastraan; dan (4) mengembangkan aktivitas menulis kreatif di kalangan remaja.

    3. Peserta
    Peserta lomba adalah para remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berusia 13-19 tahun.


    4. Ketentuan umum
    1) ESAI berkaitan dengan aspek kesastraan, kebahasaan, atau kebudayaan, sedangkan CERPEN bebas.
    2) Karya tulis peserta tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
    3) Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus asli (bukan saduran, terjemahan, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun).
    4) Karangan diketik rapi menggunakan program MS Word, kertas kuarto, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, panjang 8-10 halaman untuk esai dan 5-8 halaman untuk cerpen.
    5) Substansi penulisan esai meliputi judul, pendahuluan, pembahasan yang memuat analisis, solusi yang ditawarkan, dan penutup serta daftar pustaka (bila perlu). Cerpen ditulis sesuai dengan kaidah penulisan cerpen.
    6) Naskah yang dikirim ke panitia rangkap 4 (empat) dilampiri biodata beserta dengan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi, fotokopi KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/ surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta masih remaja.
    7) Setiap peserta hanya berhak mengirimkan 1 (satu) judul esai atau cerpen.
    Hak cipta karya ada pada penulis, sedangkan hak penerbitan ada pada Balai Bahasa Yogyakarta.

    5. Pengiriman Naskah
    1) Naskah dikirim langsung atau melalui pos ke
    Panitia Lomba Penulisan Esai dan Cerpen bagi Remaja DIY Tahun 2011
    d.a. Balai Bahasa Yogyakarta
    Jalan I Dewa Nyoman Oka 34 yogyakarta
    Telepon 0274 562070

    2) Naskah diterima panitia paling lambat tanggal 19 Agustus 2011.

    6. Penilaian
    1) Penilaian naskah esai dan cerpen dilakukan dalam 2 tahap. Pertama, seleksi untuk menentukan 10 nomine. Kedua, presentasi 10 nomine di depan Dewan Juri untuk menentukan urutan pemenang (5 pemenang utama dan 5 pemenang harapan)
    2) Sepuluh peserta yang terpilih sebagai nomine esai dan cerpen akan dihubungi oleh panitia melalui telepon dan surat.
    3) Penilaian esai meliputi substansi, kebaruan dan kepaduan isi, metode/ teknik penulisan, dan kebahasaan. Penilaian cerpen meliputi aspek tematik dan stilistika.

    7. Hadiah
    1) Peringkat I Rp. 1.750.000,00
    2) Peringkat II Rp. 1.500.000,00
    3) Peringkat III Rp. 1.250.000,00
    4) Peringkat IV Rp. 1.000.000,00
    5) Peringkat V Rp. 750.000,00
    6) Peringkat VI-IX Rp. 250.000,00

    Pajak hadiah ditanggung pemenang.

    Kontak Person
    ESAI : Dra. Sri Nardiati 0857 2924 6982
    CERPEN : Y. Adhi Satiyoko 0274 6616 699 


    Informasi juga dapat dilihat di www.balaibahasa.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar